hmm tau martha graham gak? dia itu adalah koreografer dan penari yang memberikan pengaruh pada modern dance jaman sekarang ini. Gerakan yang ia buat sebagai ubgkapan hasrat dari hatinya.sekitar 70 tahun ia telah merancang dan membuat banyak gerakan tari baru. Bahkan, kabarnya ia adalah penari pertama yang melakukan pertunjukan di gedung putih.kemudian, keliling dunia sebagai duuta seni. medapat penghargaan presidential of medal freedom.
martha graham juga sempat mengatakan :
"I have spent all my life with dance and being a dancer. It's permitting life to use you in a very intense way. Sometimes it is not pleasant. Sometimes it is fearful. But nevertheless it is inevitable."
"Saya telah menghabiskan seluruh hidup saya untuk menari dan menjadi penari. Mengizinkan hidup menggunakan anda dalam sebuah jalan yang menegangkan. Terkadang tidak menyenangkan. Terkadang menakutkan. Akan tetapi, hal itu tidak dapat dihindari."
“I wanted to begin not with characters or ideas, but with movements . . .I wanted significant movement. I did not want it to be beautiful or fluid. I wanted it to be fraught with inner meaning, with excitement and surge.”
"Saya ingin memulai bukan dengan karakter atau ide-ide, tapi dengan gerakan. . Aku ingin. Gerakan yang signifikan. Aku tidakingin menjadi cantik . Aku ingin itu menjadi penuh dengan makna batin, dengan kegembiraan dan gelombang"
sebagai seorang wanita yang lahir di algheny country,penssyilvania Amerika Serikat pada tanggal 11 mei 1984 itu memiliki keyakinan Keyakinan kemampuan tubuh untuk mengekspresikan indera batin itu penting dalam keinginannya dalam menari. sebagai gadis muda yang memiliki keinginan atletis, Graham Terinspirasi oleh kinerja St Denis ', yang menari balet di Mason Opera House di Los Angeles Pada tahun 1911 .kemudian, Graham terdaftar di sebuah perguruan tinggi seni yang berorientasi junior, dan kemudian ke Sekolah Denishawn yang baru dibuka. Denishawn didirikan oleh Ruth St Denis dan Ted Shawn suaminya untuk mengajarkan teknik tari Amerika dan dunia.Selama delapan tahun, baik sebagai mahasiswa dan instruktur, Graham Denishawn rumahnya.Bekerja terutama dengan Ted Shawn, Graham meningkatkan teknik dan mulai menari profesional. Dalam "Xochital", sebuah tarian yang dibuat khusus untuknya oleh Shawn, Graham menari peran seorang gadis Aztec menyerang. Itu adalah kinerja liar emosional peran yang menimbulkan pujian pertama yang kritis itu. Pada tahun 1923, delapan tahun setelah memasuki Denishawn, dia siap untuk cabang keluar. Dia menemukan kesempatannya menari dalam pertunjukan tari-tarian vaudeville Greenwich Village Follies. Pada Follies Greenwich Village, Graham mampu merancang dan koreografi tarian sendiri.Meskipun pekerjaan ini diberikan dengan beberapa kemandirian ekonomi dan artistik, ia merindukan tempat untuk melakukan percobaan yang lebih besar dengan tarian. Saat itulah ia mengambil posisi di Sekolah Musik Eastman, di mana ia bebas dari kendala kinerja publik. Pada Eastman, Graham diberikan kontrol penuh atas kelas dan program seluruh tarian. Graham melihat ini sebagai kesempatan untuk terlibat murid-muridnya yang terbaik dalam tarian pengalaman ia mulai menciptakan.
Eksperimentasi ini pertama di Eastman terbukti menjadi percikan modus baru tarian yang akan merevolusi teori-teori gerakan di semua seni pertunjukan. Untuk Graham, perhatian balet dengan aliran dan kasih karunia yang ditinggalkan Kesukaan tradisional lebih ganas. Graham percaya bahwa melalui gerakan kejang, tremblings, dan jatuh dia bisa mengekspresikan tema emosional dan spiritual diabaikan oleh tarian lainnya. Dia diinginkan untuk membangkitkan emosi yang kuat, dan mencapai tanggapan ini viseral melalui pengulangan gerakan secara eksplisit seksual dan kekerasan berkesinambungan. Dimulai dengan murid-muridnya Eastman, ia membentuk Sekolah Martha Graham sekarang terkenal Tari Kontemporer di New York. Salah satu bagian awal dari perusahaan ini "Frontier" (1935), penampilan solo tentang wanita perintis. Bagian ini dibawa bersama dua pria yang akan kolaborator dekat sepanjang hidupnya. Isamu Noguchi, pemahat Jepang-Amerika, menciptakan desain tipis dan indah yang menggantikan latar belakang datar dengan benda tiga dimensi.Bersama Graham dan Noguchi merevolusi desain set melalui inklusi patung. "Frontier" juga termasuk desain suara Louis Horst, seorang teman dekat dan pengaruh yang kuat sepanjang hidup Graham.
Segera setelah "Frontier", Graham membawa penari balet muda bernama Erick Hawkins ke perusahaan. Bersama-sama mereka muncul dalam salah satu karya utamanya, "Dokumen Amerika" (1938). Selama sepuluh tahun berikutnya ia akan tetap dengan perusahaan dan tampil di banyak potongan besar nya. Pekerjaan yang paling terkenal dari periode ini adalah "Appalachian Spring" (1944), Aaron Copland yang menulis skor. Pada tahun 1948 Graham dan Hawkins menikah, tapi pernikahan itu berumur pendek. Mereka terus bekerja bersama-sama untuk sementara dan kemudian membuat istirahat permanen. Setelah istirahat ini, Graham jatuh lebih dalam ke pekerjaannya dan pada tahun 1955 disajikan dunia dengan salah satu potongan yang terbesar, "Dialog Seraphic". "Dialog Seraphic" adalah versi kuat dan bergerak dari kisah Joan of Arc. Sepanjang karir Graham dia akan kembali lagi dan lagi untuk perjuangan dan kemenangan perempuan baik besar dan biasa. Meskipun usianya, dia terus menari sepanjang tahun 60an. Ia tidak sampai 1969 bahwa Graham mengumumkan pensiun dari panggung.
Untuk Graham Namun, hidup jauh dari tarian itu tidak mungkin.Meskipun tidak lagi mampu melakukan dia terus mengajar dan koreografi sampai kematiannya pada 1991. Itu hampir mustahil untuk melacak pengaruh dari Martha Graham. Semua orang dari Woody Allen untuk Bette Davis mengutip sebagai pengaruh besar. Dia secara universal dipahami sebagai penari abad kedua puluh yang paling penting, dan ibu tari modern. Dia tampil di Gedung Putih untuk Franklin Roosevelt, dan menerima Presidential Medal of Freedom dan Legiun Kehormatan Prancis.Dia adalah koreografer pertama yang secara teratur menggunakan kedua Penari Asia dan Afrika-Amerika.Kontribusinya terhadap seni desain panggung dan produksi tari yang tak terhitung jumlahnya. Eksperimentasi terus Martha Graham dan perhatian terus-menerus ke emosi manusia, kelemahan, dan ketekunan, adalah salah satu prestasi individual terbesar dalam sejarah budaya Amerika.
nih berikut foto2 Martha graham




Tidak ada komentar:
Posting Komentar